Pengembangan Sistem Informasi

Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi sering disebut juga sebagai proses pengembangan sistem (System Development). Pengembangan Sistem itu sendiri diartikan sebagai aktivitas untuk menghasilkan system informasi berbasis computer untuk menyelesaikan persoalan (problem) organisai atau memanfatkan kesempatan (opportunities) yang timbul. Selain itu, pengembangan system juga merupakan penyusunan suatu system yang baru untuk menggantikan system yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki system yang telah ada.

Dalam menunjang pengembangan system diperlukan beberapa metodologi atau model-model pengembangan system. Metodologi Pengembangan Sistem adalah metode- metode, prosedur- prosedur, konsep- konsep pekerjaan, aturan- aturan yang akan digunakan sebagai pedoman bagaimana dan apa yang harus dikerjakan selama proses pengembangan system.
Metode adalah suatu cara/teknik sistematis untuk mengerjakan sesuatu. Urut-urutan prosedur untuk penyelesaian masalah ini dikenal dengan istilah algoritma.

Konsep pengembangan system pada dasarnya memiliki tahapan atau metode yang sama, walaupun pengembangan tersebut berbasis web ataupun client-server,dsb. Terdapat lebih dari 1000 metode/ model yang dapat digunakan untuk pengembangan system. Namun pada dasarnya metode/ model tersebut memiliki inti tahapan yang sama, hanya berbeda dari lama pengembangan, biaya, ataupun cara pengembangan.

Metode yang paling dikenal disebut dengan System Development Life Cycle(SDLC) atau sering disebut Water Fall Method atau sekuential Linier.
Metode yang lain contohnya prototyping, Application software, End-User Development, Outsourcing, dsb.

Proses- proses standard yang digunakan untuk membangun suatu system informasi meliputi langkah- langkah Analisa kebutuhan, Desain, Implementasi, Maintenance.

Judul : Pengembangan Sistem Informasi
Url : http://unihealt.blogspot.com/2013/08/blog-post.html
Pada : Jumat, 02 Agustus 2013
Oleh : Unknown
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © · Selamat Datang di Blog ini!!!! ~ Template by Jasriman Sukri